Undangan Peliputan Mudik Ramah Disabilitas
Share:

Undangan Peliputan Mudik Ramah Disabilitas

2 Juli 2016 Jam 7 s.d. 9 pagi di Jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat

Pertama kali Mudik Gratis Menyertakan 14 Disabilitas dari 1200 Pemudik

‘Uji Perdana Mudik Gratis bersama Disabilitas’

Ada 6.008.730 Penyandang Disabilitas menurut Data Kementerian Sosial RI 2015. Dari data tersebut 82,42 % belum menggunakan alat bantu. Kondisi ini menyebabkan banyak Disabilitas belum mendapatkan akses layanan dan kesempatan. Meski Disabilitas terus bertumbuh dan semangat membuka diri dan ruang, namun belum banyak akses pembangunan yang bisa mereka nikmati. Banyak fasilitas layanan transportasi yang belum bisa memobilisasi mereka, terutama bila sampai di kampungnya dalam keadaan malam atau dini hari. Yang pada akhirnya beberapa dari mereka tidak ada pilihan banyak dalam memanfaatkan Mudik 2016 ini.

Berbekal dari itulah Satgas Perlindungan Anak mencoba mengajak CSR untuk peduli atas kondisi dan halangan yang ada. Salah satu perusahaan yang kami yakinkan agar dapat mengakomodir Mudik Gratis untuk Disabilitas adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Meski pada awalnya kurang yakin akan terselenggara. Namun kami punya semangat yang sama untuk mengkampanyekan pentingnya memberikan ruang dan kesempatan untuk menggunakan transportasi yang ramah bagi mereka. Karena salah satu permasalahan mendasar dalam dunia Disabilitas adalah kesempatan dan membuka akses layanan.

Untuk itu Satgas PA dan BSM mulai tanggal 21 Juni 2016 memberanikan diri menawarkan Mudik Ramah Disabilitas yang akan dilepas 2 Juli 2016 dengan tujuan Jawa Tengah. Dari 25 orang yang mendaftar akhirnya yang fix hanya 14 orang. Karena kebanyakan dari mereka masih bekerja ditanggal keberangkatan. Dan 7 calon pemudik diantaranya akhirnya harus gagal karena fasilitas yang belum akses.

Dari permasalahan tersebut BSM membuka diri, mengundang para Disabilitas yang gagal Mudik untuk memberi masukan pada persiapan yang singkat ini. BSM juga mengajak Kementerian Sosial untuk memberikan masukan dalam kendala mereka menfasilitasi Mudik. Bagi BSM ini adalah memperjuangkan implementasi budaya Bank Syariah Mandiri dalam share value ethic yaitu peduli pada peradaban sosial dan lingkungan.

Mungkin benar peribahasa ‘Tak kenal maka tak sayang’, itulah yang terjadi pada diskusi antara Direksi, Direktur BSM, Satgas PA serta Kementerian Sosial, ketika sama sama berinteraksi dengan 7 Disabilitas yang terancam gagal Mudik. Dalam diskusi pada tanggal 30 Juni 2016 bertempat di Wisma Mandiri Thamrin ada kesepemahaman dan konsen bersama pentingnya membuka akses dan layanan. Yang akhirnya mereka bersama sama mencari solusi agar 7 orang tersebut tetap dapat Mudik. Akhirnya diputuskan tetap melayani Mudik mereka dengan Mobil Akses Penyandang Disabilitas Kemensos RI. Dengan catatan mereka bersama sama menyaksikan bahwa mobil yang mereka pakai aman dan nyaman. Akhirnya hari itu juga secara bersama sama melakukan audit aksessibilitas mobil tersebut di halaman Wisma Mandiri.

Dengan disaksikan bersama bagaimana Disabilitas menggunakan mobil tersebut. Akhirnya Direksi BSM memutuskan untuk menfasilitasi 7 orang tersebut untuk Mudik. Tentunya kebahagiaan yang luar biasa tercermin dari saudara saudara kita.

Untuk itu ada yang menarik di Mudik Gratis BSM yang ke 6 ini, bahwa iring iringan barisan 25 Bus di sepanjang jalan Sudirman – Thamrin akan menjadi saksi pertama kali Mobil Akses Disabilitas disertakan dalam Mudik 1200 orang tersebut. 14 Disabilitas akan ditempatkan 7 orang di bus dan 7 orang di mobil akses. Para Disabilitas tersebut adalah Tuna Daksa, Tuna Rungu dan Penguna Kursi Roda.

Oleh karena itu, kami mengundang teman teman media dan masyarakat untuk menjadi saksi Mudik Gratis Perdana untuk Disabilitas yang pertama kalinya diselenggarakan oleh swasta, yang akan diselenggarakan besok 2 Juli 2016 jam 7 s.d. 9 WIB di sepanjang jalan Sudirman Thamrin. Mari kita dukung teman teman Disabilitas dalam memperjuangkan haknya.

Tentu dengan jumlah Disabilitas di Indonesia yang mencapai 6 juta, ini belum apa apa. Namun niat BSM melakukan uji pelayanan transportasi publik bersama Disabilitas patut mendapat apresiasi, meski dengan segala keterbatasan, kesempatan itu tetap di buka. Semoga ini dapat menginspirasi lebih banyak kalangan untuk menyediakan transportasi yang akses buat Mudik Gratis Lebaran tahun depan.

Rute yang akan dilalui Mobil Akses adalah Jakarta-Purbalingga-Kebumen-Solo. Oleh karena itu jika para pemudik menjumpai Mobil bertuliskan Mobil Akses Penyandang Disabilitas Kemensos RI, mohon beri semangat dan doa agar mereka selamat sampai tujuan, dan dapat dihantar Mobil Akses sampai depan rumah.

Adapun yang akan hadir di pelepasan Mudik tersebut adalah Ketua OJK* (dalam konfirmasi), Pimpinan dan Direksi BSM, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan para pemudik.

 

Note:

Adapun yang akan menjadi pendamping di Mobil Akses Penyandang Disabilitas adalah Bapak Didik Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI Jakarta) dengan nomor telepon 0812 8321 1911.

Kontak person penggagas Mudik Ramah Disabilitas 2016, Ilma Sovri Yanti (Koordinator Satgas PA)                    HP. 0878 3870 3730

 Kontak Person Penyelenggara Mudik Berkah BSM, Ibu N-Ci – Corporate Secretary Group Hp. 0811991245

 Kontak Person Kementerian Sosial RI, Bapak Nahar – Direktur Rehsos Penyandang Disabilitas Hp. 081214371117

 

 

Share:
Written by
Ilma Ilyas
Join the discussion

Ilma Ilyas

Saya seorang aktivis untuk mendorong dialog antar-agama, mempromosikan toleransi, serta memperjuangkan hak-hak kaum minoritas.