TIPS MUDIK RAMAH ANAK
Share:

TIPS MUDIK RAMAH ANAK

Mudik Sehat Untuk Anak

Anak-anak adalah individu yang kondisi imunitas nya lebih rentan dibanding orang dewasa,  sama halnya pada  kondisi manula dan ibu hamil.  Oleh karena itu pada keadaan tertentu yang memang di luar dari keseharian perhatian dan penjagaan terhadap mereka harus lebih diperhatikan.

Mudik yang memakan waktu 12 jam sampai dengan  berhari-hari di perjalanan adalah hal yang sangat riskan dan berpotensi menimbulkan masalah terhadap anak-anak, baik secara fisik maupun psikis.

Berikut ini di uraikan beberapa problem kesehatan pada anak yang mungkin timbul saat mudik:

  1. Gangguan Kulit

Pada anak  tekstur kulitnya masih sensitif dan lembab. Pada suasana lingkungan panas dan terkadang anak tidak bisa mandi dalam rentang waktu yg lama, anak biasanya mengalami masalah kulit seperti:

  • Keringat Buntet (Miliaria)
  • Ruam Popok
  • Iritasi Kulit baik karena alergi atau trauma karena desakan, gesekan dll
  • Infeksi kulit karena bakteri, jamur, virus.

Masalah-masalalah tersebut muncul penyebab utamanya adalah kebersihan dan kelembaban kulit selain adanya infeksi.

Pencegahannya yaitu dengan semaksimal mungkin tetap menjaga kebersihan kulit:

  • Sekalah (bersihkan) kulit anak dengan tisu  basah 3-4 kali sehari terutama daerah lipatan, pilih tissue basah yang hypoallergenic atau non farfum.
  • Ganti sering mungkin popok /pampers anak, terutama jika anak BAB.
  • Lindungi anak dgn memakai baju yang menutupi tubuhnya dengan maksimal (celana panjang dan baju panjang) bahannya harus lembut dan menyerap keringat.
  • Bawa minyak anti gatal, salep iritasi, betadine, (tersedia dlm kemasan kecil) dalam perjalanan
  • Pada saat kulit anak bermasalah segera atasi, agar penyakit kulit tidak menyebar.
  1. Gangguan Sistim Syaraf Pusat

Keadaan posisi tidur, goncangan, dan terlalu lama duduk atau berdiri anak sering mengalami pusing dan kemudian muntah (muntah dibahas dalam system  pencernaan).

Sebaiknya anda membawa obat Paracetamol sirup (tersedia dalam saset, atau tablet hisap) berikan anak anda saat mengeluh pusing, agar anak-anak tidak menangis dan rewel karenanya dan tentunya akan mengganggu perjalanan mudik anda.

  1. Gangguan Sistem Pencernaan

Masalah yang muncul disebabkan intake makanan yang telat, tidak steril ataupun makanan yang sudah dingin. (Bayi biasa makan makanan yang hangat)

Problem yg dialami anak:

  • Kembung
  • Mual sampai muntah2
  • Colic Perut (kram perut)
  • Diare

 Pencegahannya : Anda harus membawa termos kecil, untuk membuat makanan bayi/ anak agar tetap hangat. Bawalah makanan dari rumah atau makanan jadi untuk  menjaga makanan tetap steril terutama untuk bayi. Usahakan jadwal makan anak anda tetap teratur.

Penanganan bila masalah pencernaan timbul:

  • Bawalah obat mual (ada yg tablet hisap / sirup saset) berikan segera pada anak yg mual dan muntah.
  • Paracetamol (sirup/hisap) pada saat anak colic usus
  • Minyak telon diusapkan pada perut yang kembung
  • Bila terjadi diare, sebaiknya kunjungi pelayanan kesehatan terdekat, karena anak-anak rentan mengalami dehidrasi (kekuranan cairan).
  • Sebelum mencapai pelayanan kesehatan, bila anak diare bisa diberikan banyak minum dan Prebiotik saset, hentikan minum susu.
  1. Gangguan Pernapasan

Penyakit yg timbul seperti: batuk, pilek, radang tenggorokan, sesak(astma), bersin-bersin.Selain itu alergi, pemicu yang paling sering menimbulkan astma adalah infeksi yg ditularkan secara droplet dari udara dan sangat mudah penyebarannya.

Pencegahannya: anak diberikan vitamin/ imunomodulator (imbost/stimuno/imunos) beberapa hari sebelum berangkat. Hal ini untuk meningkatkan imunitas anak.

Anak dicegah untuk makanan-mananan sebagai berikut pada saat perjalanan:  es, permen, coklat, kerupuk, chiki.

Penanganannya: bawalah obat batuk- pilek (tersedia yang saset) obat alergy (anda mesti mengenali masalah kebiasaan anak) dan obat sesak inhaler pada anak yg terkena astma, pada saat gangguan muncul segera atasi agar tidak bertambah parah.

  1. Gangguan saluran kemih

Keluhannya biasa anak mengeluh sakit saat pipis. Hal ini disebabkan karena anak menahan pipis atau kurang minum. Sebaik nya berhenti pada tempat  peristirahatan (rest area) untuk buang air kecil. Minum yang cukup, terutama pada suhu lingkungan yang panas.

Hal yang sangat penting adalah, tempatkan lah anak pada posisi duduk yang nyaman dan tidak terkena angin atau AC secara langsung, membawa bantal kecil agar anak lebih nyaman di kendaraan dalam waktu lama.

Demikian tips mudik sehat  bersama anak-anak bersama dr. Mariya Mubarika.  Semoga bermanfaat,  Selamat Mudik…

Dipersembahkan oleh Satgas Perlindungan Anak

 

Share:
Written by
Ilma Ilyas
Join the discussion

Ilma Ilyas

Saya seorang aktivis untuk mendorong dialog antar-agama, mempromosikan toleransi, serta memperjuangkan hak-hak kaum minoritas.